Entri Populer

Jumat, 28 Oktober 2011

Perbedaan Harddisk ATA dan SATA Beserta kekurangan dan kelebihannya

teknologi komputer telah berkembang begitu  pesat  hingga kinerjanya pun semakin meningkat mulai dari memori, prosessor, hard disk dll. Dalam kesempatan kali ini, saya akan mngulas pembahasan mengenai hard disk. Hard disk juga selalu mengalami perubahan ke arah yg lebih baik mulai dari kecepatan spindlen, cache yg besar dan kecepatan transmisi datanya.
Dewasa ini, hard disk dengan serial advanced technology attachment atau biasa dikenal dengan sebutan SATA / Serial ATA yang telah banyak di pakai di seluruh dunia. Dalam hal ini para pengembang motherboard pun beralih mendukung harddisk SATA ketimbang hard disk pararel ATA (juga dikenal sebagai IDE), Lantas apa perbedaan kedua jenis hard disk tersebut ?
Pararel ATA(PATA) dibuat berdasarkan standar tahun 1986 dengan menggunakan 16 bit kabel konduktor data dengan beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, maka para indutri membuat standar baru yang disebut Serial ATA. SATA di rancang untuk menggantikan pararel ATA dan menawarakan beberapa keunggulan dibandingkan Pararel ATA. Yaitu, mengurangi kabel yang tebal dan biaya serta lebih cepat dan efisien dalam hal transfer data.

Pada tahun 2009, SATA telah menggantikan pararel ATA dalam pengirimiman konsumen yg kebanyakan computer desktop dan laptop, dan di harapkan akan menggantikan  PATA dimana ruang dan biaya merupakan factor penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar