Entri Populer

Selasa, 08 Mei 2012

Kuis Materi Biaya


Kuis ke Enam
Soal :
1.             Biaya dan macam biaya ?
2.            Jelaskan kurva biaya ?
3.            Jelaskan mengapa konsep biaya perlu di pertimbangkan oleh semua organisasi – perusahaan ?
4.            Jelaskan bagaimana perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi ingin tetap ada di pasar, konsep biaya seperti apa yang perlu diterapkan ?
5.            Coba anda buat pengkategorian biaya ?
Jawab :
1.     Biaya (Cost) adalah kas atau setara kas yang dikorban untuk membeli barang atau jasa yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi perusahaan saat sekarang atau untuk periode mendatang.
Biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang. Sementara itu, yang dimaksud dengan biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penyusutan barang modal.

2.    Kurva dapat menjukkan hubungan antara input dan output yang dinyatakan dengan uang. Dalam fungsi biaya terdapat beberapa kurva, yaitu : Kurva biaya variable Total (TVC), Biaya variable rata-rata (AVC), dan biaya marginal (MC).
TVC menunjukkan banyaknya satuan faktor variable yang di perlukan untuk menghasilkan setiap tingkat output, kurva AVC sama dengan TVC dibagi dengan output Q pasa setiap tingkat output, dan kurva MC adalah perubahan biaya total akibat adanya perubahan satu satuan output.

3.    Karena kebangkrutan akan terjadi jika sebuah perusahaan tidak mempertimbangkan atau tidak sesuai dengan apa yang di rencanakan sebelumnya.

4.    Jika suatu perusahaan mengalami tingkat penjualan yang rendah, sebaiknya perusahaan menggunakan Biaya Pemasaran. Biaya Pemasaran itu sendiri adalah biaya yg digunakan untuk melakukan pemasaran, jadi saat tingkat penjualan suatu perusahaan rendah sebaiknya perusahaan melakukan pemasaran dengan lebih baik dan lebih bagus kualitasnya.

5.    Pengkategorian biaya :

1. Biaya Penjualan yaitu Biaya Gaji dan Komisi Penjualan; Biaya Advertensi; Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko; Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan; Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan; Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.

2. Biaya Administrasi dan Umum yaitu Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor; Biaya bahan pembantu untuk kantor; Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor; Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar