Entri Populer

Minggu, 06 Mei 2012

Perilaku konsumen dalam menentukan pasar

Tulisan ke lima


Sebuah perusahaan yang memahami bagaimana pelanggan/konsumen akan bereaksi terhadap berbagai bentuk produk dan harga maka perusahaan tersebut akan lebih baik dari perusahaan-perusahaan yang menjadi pesaingnya.

Ketika produsen akan melakukan suatu pemasaran perusahaan atau pihak produsen harus memahami strategi penjualan dimana kita harus mampu menilai bagaimana cara untuk memuaskan kebutuhan konsumen dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang kita tawarkan. Pemahaman untuk indakan atau perilaku konsumen ini sangatlah penting sehingga kita mampu memandang secara kreatif ,mengindentifikasi dan memanfaatkan peluang yang muncul di pasar.

Perilaku konsumen adalah sebuah tindakan dan proses untuk mengambil keputusan baik secara individu maupun organisasi terhadap pemilihan suatu produk tertentu guna memenuhi selera,kebutuhan dan keinginan. Keinginan secara individu bersifat hanya untuk menggunakan barang atau jasa untuk penggunakkan sendiri sedangkan keperluan yang dilakukan secara organisasi terhadap permintaan barang atau jasa guna untuk memenuhi keberlasungan organisasi tersebut.


Faktor eksternal dan internal akan mempengaruhi dalam pengambilan suatu keputusan untuk membeli atau tidak membeli suatu barang .faktor internal ini mencangkup motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan kepribadian seseorang. Sedangkan faktor dari internalnya, yaitu meliputi aspek kultur, subkultur, klas sosial, kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.

Apabila konsumen hendak membeli suatu barang maka konsumen tersebut akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan, yakni, (a) perumusan masalah, (b) pengumpulan informasi, (c) pengembangan dan penilaian alternatif, (d) penentuan alternatif terbaik atau pengambilan keputusan, dan kegiatan setelah keputusan diambil. Setelah tahap-tahap ini di lalui maka selanjutnya konsumen akan menilai apakah produk yang di beli sesuai dengan harapannya atau sebaliknya ketika yang di dapatkan adalah kepuasan terhadap produk tersebut maka akan terjadi peningkatan terhadap jumlah barang tersebut. Demikian sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada masa depan.


Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar