Entri Populer

Sabtu, 05 Mei 2012

Mengenal Perilaku Konsumen



Tulisan Ke Tiga



Konsumen merupakan aset yang berharga bagi para produsen dimana mereka akan memberikan sebuah keuntungan yang menjanjikan untuk melangsungkan kehidupan mereka. Sehingga perlu adanya mempelajari  perilaku para konsumen, Sehingga bagaimana konsumen mau mengeluarkan sumber dayanya seperti uang,waktu, dan tenaga untuk membeli barang yang di tawarkan oleh produsen.

perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Selain itu merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa
Pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen

Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen,yaitu :

1.     Pendekatan interpretif
Mencari informasi kepada konsumen terhadap perilaku konsumsinya secara mendalam. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui wawancara untuk menanyakan apa yang dirasakan dan di alami konsumen ketika membeli  sebuah produk dan jasa.

2.     Pendekatan tradisional

Ilmu psikologi menjadi landasan untuk mengetahui  tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.

3.     Pendekatan sains marketing

Metode ini mencoba melakukkan sebuah pengukuran dari ilmu statistika dan ekonomi walau hasil yang di dapat hanya sebuah pendekatan. Namun,  dapat memperkirakan pengaruh strategi marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.


Sebagai produsen atau penjual kita harus mengutamakan kepuasan pelanggan dan kualitas barang yang kita ingi pasarkan dan kita harus mampu untuk mempertahankan konsumen agar tetap loyal terhadap perusahaan kita,karena pada prinsipnya akan lebih berharga dan selalu menguntukan dan di untungkan oleh pelanggan yang setia dibandingkan mencari pelanggan yang baru.

Kesimpulan yang kita dapatkan, yaitu adanya pemahaman akan perilaku konsumen untuk merancang sebuah strategi pemasaran yang baik sehingga kita memperoleh keuntungan dan kepuasan bagi para konsumen serta kita mampu mengembangkan ide yang lebih efektif dan kreatif karena kita telah mampu memahami dan menghadapi sikap dan keinginan dari para konsumen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar