Entri Populer

Minggu, 06 Mei 2012

Biaya, manajemen, dan konsep biaya


Tulisan ke enam


Aktivitas manajemen terfokus pada perencanaan dan pengendalian untuk menjamin tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai. Untuk melaksanakan kedua tugas tersebut memerlukan informasi tentang organisasi. Dari sudut pandang akuntasi, salah satu informasi yang dibutuhkan oleh manajemen adalah tentang biaya (cost) .

Biaya (Cost) adalah kas atau setara kas yang dikorban untuk membeli barang atau jasa yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi perusahaan saat sekarang atau untuk periode mendatang.
Biaya terbagi menjadi dua, yaitu biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah biaya yang terlihat secara fisik, misalnya berupa uang. Sementara itu, yang dimaksud dengan biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya kesempatan dan penyusutan barang modal.

Ketika suatu perusahaan ingin melakukkan tindakan-tindakan proses produksi maka dibutuhkan sebuah konsep biaya yang menunjukkan suatu perencanaan,pengendalian,pembuatan keputusan sehingga perusahaan bisa meminimalisir kerugian yang besar. Dalam menjalani semua itu di butuhkan sebuah manajemen atau pengaturan biaya agar diketahui dan di prediksi berapa pengeluaran yang akan datang untuk membantu mengurangi kemungkinan akan melebihi anggaran.

 Pentingnya manajemen biaya harus diselaraskan dan menjadi bagian dari strategi pertumbuhan perusahaan, Serta Manajemen dari biaya terkait kegiatan dicapai dengan mengumpulkan, menganalisis, mengevaluasi, dan pelaporan biaya informasi yang digunakan untuk penganggaran ,memperkirakan , peramalan , dan pemantauan biaya .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar