Soal :
1.
Apa yang dimaksud dengan
perilaku konsumen ?
2. Mengapa perilaku konsumen perlu
di kaji lebih mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
3. Jelaskan pendekatan yang dapat
digunakan dalam analisa perilaku konsumen ?
4.
Faktor apa yang menentukan
perilaku konsumen ?
5.
Bagaimana menyikapi masalah
perilaku konsumen ?
Jawab :
1.
perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan
yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan
proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau
jasa ekonomi yang selalu berubah dan bergerak sepanjang waktu. Selain itu
merupakan tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan
menghabiskan produk dan jasa Pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen .
2. Untuk Mendesain bauran
pemasaran,Mensegmen pasar bisnis,Memposisikan dan mendeferensiasikan
produk,Melaksanakan analisis lingkungan,Mengembangkan studi riset pasar, serta Konsumen
merupakan aset yang berharga bagi para produsen dimana mereka akan memberikan
sebuah keuntungan yang menjanjikan untuk melangsungkan kehidupan mereka.
Sehingga perlu adanya mempelajari
perilaku para konsumen, Sehingga bagaimana konsumen mau mengeluarkan
sumber dayanya seperti uang,waktu, dan tenaga untuk membeli barang yang di
tawarkan oleh produsen.
3. Terdapat tiga pendekatan utama
dalam meneliti perilaku konsumen, yaitu :
A. Pendekatan interpretif
Mencari informasi kepada konsumen terhadap perilaku konsumsinya
secara mendalam. Hal ini bisa dilakukan dengan melalui wawancara untuk
menanyakan apa yang dirasakan dan di alami konsumen ketika membeli sebuah produk dan jasa.
B. Pendekatan tradisional
Ilmu psikologi menjadi landasan untuk mengetahui tentang bagaimana seorang konsumen memproses
informasi, membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap
perilaku konsumen.
C. Pendekatan sains marketing
Metode ini mencoba melakukkan sebuah pengukuran dari ilmu statistika
dan ekonomi walau hasil yang di dapat hanya sebuah pendekatan. Namun, dapat memperkirakan pengaruh strategi
marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
4. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan
Status.
Faktor Personal :
Situasi Ekonomi,Gaya Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus
Hidup,Pekerjaan.
Faktor Psikologi :
Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs and Attitude.
Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5. Konsumen memiliki karakter dan
perilaku yang berbeda tergantung dan beragam aspek namun masih tetap bisa dikenali
dengan pengelompokan pasar berdasar ciri-ciri tertentu dan hubungan antara
perilaku konsumen dengan segmentasi pasar. Ada keterkaitan yang sangat erat
antara perilaku konsumen dengan segmentasi pasar. Dengan adanya analisa yang
tepat mengenal perilaku konsumen terhadap suatu produk atau jasa maka bisa
dipetakan dengan teliti segmen pasar yang akan dijadikan sasaran nantinya. Dengan
memahami perilaku konsumen maka segmentasi pasar dapat terpetakan dengan baik
yang akan memungkinkan untuk bisa menjual produk atau jasa dengan tepat
sasaran.
Trima kasi infonya
BalasHapus