Tulisan Ke Tiga
Konsumen
merupakan aset yang berharga bagi para produsen dimana mereka akan memberikan
sebuah keuntungan yang menjanjikan untuk melangsungkan kehidupan mereka.
Sehingga perlu adanya mempelajari
perilaku para konsumen, Sehingga bagaimana konsumen mau mengeluarkan
sumber dayanya seperti uang,waktu, dan tenaga untuk membeli barang yang di
tawarkan oleh produsen.
perilaku
konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau
organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam
mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa ekonomi yang selalu berubah
dan bergerak sepanjang waktu. Selain itu merupakan tindakan yang langsung
terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa
Pendekatan
dalam meneliti perilaku konsumen
Terdapat
tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku konsumen,yaitu :
1. Pendekatan
interpretif
Mencari
informasi kepada konsumen terhadap perilaku konsumsinya secara mendalam. Hal
ini bisa dilakukan dengan melalui wawancara untuk menanyakan apa yang dirasakan
dan di alami konsumen ketika membeli
sebuah produk dan jasa.
2. Pendekatan
tradisional
Ilmu
psikologi menjadi landasan untuk mengetahui tentang bagaimana seorang konsumen memproses informasi,
membuat keputusan, serta pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku konsumen.
3. Pendekatan
sains marketing
Metode
ini mencoba melakukkan sebuah pengukuran dari ilmu statistika dan ekonomi walau
hasil yang di dapat hanya sebuah pendekatan. Namun, dapat memperkirakan pengaruh strategi
marketing terhadap pilihan dan pola konsumsi.
Sebagai
produsen atau penjual kita harus mengutamakan kepuasan pelanggan dan kualitas
barang yang kita ingi pasarkan dan kita harus mampu untuk mempertahankan konsumen
agar tetap loyal terhadap perusahaan kita,karena pada prinsipnya akan lebih
berharga dan selalu menguntukan dan di untungkan oleh pelanggan yang setia
dibandingkan mencari pelanggan yang baru.
Kesimpulan
yang kita dapatkan, yaitu adanya pemahaman akan perilaku konsumen untuk
merancang sebuah strategi pemasaran yang baik sehingga kita memperoleh
keuntungan dan kepuasan bagi para konsumen serta kita mampu mengembangkan ide
yang lebih efektif dan kreatif karena kita telah mampu memahami dan menghadapi
sikap dan keinginan dari para konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar