Tulisan ke sembilan
bersaing
dalam bidang ekonomi seyogianya sebuah perusahaan atau produsen harus memiliki
sebuah strategi pemasaran hal ini sangat penting sehingga perusahaan tersebut
dapat mencapai tujuan yang di inginkan dan untuk membangun sebuah usaha sudah
menjadi pemahaman umum bahwa faktor pemasaran salah satu faktor kunci
keberhasilan.Kesuksesan dalam pemasaran juga tidak datang dengan sendirinya,
tetapi perlu suatu upaya yang gigih dan perlu dilakukan pengembangan agar
mendapatkan hasil yang maksimal.
Pemasaran merupakan Kegiatan untuk
menjalankan bisnis (profi tatau non-profit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang /jasa,
menetapkan harga,mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen
dan mencapai tujuan perusahaan. Salah satu cara yang ampun untuk mencapai
keberhasilan dan strategi pemasaran perusahaan saat ini adalah promosi.
Dengan promosi, sebuah perusahaan atau individu dapat mengembangkan dan
mempertahankan usahanya. Suatu produk tidak akan di beli jika konsumen tidak
mengetahui kegunaan, keunggulan, harga, dan dimana membelinya. Pada saat
seperti inilah dibutuhkan promosi.
Selain
itu, sebuah perusahaan harus menentukan segmentasi pasar dimana perusahaan harus
menilai secara kreatif dalam penentuan sasaran yang di nilai prospektif dalam strategi
pemasaran. Penentuan segmentasi pasar dilakukan dengan cara memecah beberapa
konsumen yang prospek menjadi bagian kecil, yaitu terdiri atas :
v Berdasarkan
karakter psikografi
Tentunya
akan sangat berbeda gaya hidup antara masyarakat kota dan pedesaan sehingga itu
merupakan salah satu faktor penentuan segmentasi pasar berdasarkan gaya hidup.
Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang bisnis karena segala penampilan dan
gaya hidup merupakan suatu hal yang terkait dengan komoditas karena keberadaan
karakter tersebut tersebut akan dipelihara terus oleh masyarakat.
v Bedasrkan
karakter demografi
Penentuan
pasar akan dipengaruhi kebiasaan pada umur-umur tertentu dalam mengonsumsi
suatu produk. Faktor kisaran umur sangatlah penting dalam menentukan konsumen
yang menjadi sasaran pemasaran walaupun semua memiliki peluang kesuksesan yang
sama. Dengan begitu karakter demografi menentukan pasar dengan mengacu produk
dan umur.
v Berdasarkan
Karakter Geografi
Ketika
perusahaan ingin mencoba memasarkan produknya ke wilayah daerah maka konsep pesanan
harus sesuai dengan kekhasan daerah tersebut, sehingga faktor letak suatu daerah
menjadi bahan pertimbangan ketika menyusun strategi konsep pemasaran.
v Berdasarkan
Karakter Variabel Penggunaan Produk
Penentuannya
berdasarkan dominan yang sedang marak di masyarakat dimana perusahaan harus
melihat suatu tren yang sedang booming, misalnya teknologi handphone yang merupakan
kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat, terutama dikota-kota besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar