Entri Populer

Senin, 07 Mei 2012

Kuis Materi Permintaan dan penawaran


Kuis Ke Dua

Soal :
1.      Jelaskan definisi dari permintaan dan penawaran ?

2.      Jelaskan hukum dari permintaan dan penawaran ?

3.      Jelaskan factor apa saja yang dapat mempengaruhi hukum permintaan dan penawaran ?

4.      Factor apa saja yang dapat menggeser hukum permintaan dan penawaran ? jelaskan !

5.      Buatlah ilustrasi penentuan harga keseimbangan dalam hokum permintaan dan penawaran ? (kasus buat sendiri ).

Jawab :

1.      Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian Penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

2.      Pengertian hukum permintaan dan penawaran
Hukum permintaan : semakin turun tingkat harga maka semakin banyak jumlah barang bersedia diminta, sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit barang yang bersedia diminta.
Hukum penawaran : semakin tinggi harga semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya semakin rendah harga semakin sedikit julah barang yang bersedia ditawarkan.

3.      Faktor-faktor yang mempengaruhi ,Yaitu :
v  Permintaan
§  Harga barang itu sendiri                              
§  Harga  barang lain yang terkait
§  Tingkat pendapatan
§  Selera atau kebiasaan
§  Jumlah penduduk
§  Perkiraan harga di masa depan
v  Penawaran
§  Harga barang itu sendiri
§  Harga barang yang terkait
§  Harga factor produksi
§  Biaya produksi
§  Teknologi produksi
§  Jumlah pedagang
§  Kebijakan pemerintah

4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan, sebagai berikut  :

v  Selera
Transaksi jual-beli barang/jasa semua tergantung selera dari para konsumen
Jika selera konsumen tinggi pada suatu barang/jasa akan mengalami peningkatan terhadap jumlah barang yang di minta dan sebaliknya sehingga produksi suatu barang akan di sesuaikan dengan kondisi yang ada pada masyarakat.

v  Pendapatan konsumen
konsumen yang punya tunjangan gaji atau pendapatan yang lebih besar dapat membeli banyak barang yang dia inginkan,tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan menghemat pemakaian barang yang dibelinya.

v  Harga barang atau jasa pengganti
Tidak dapat di pungkiri bahwa setiap konsumen akan mencari barang atau jasa yang harganya relative lebih murah untuk di jadikan sebagai altenatif penggunaan dengan sesuai selera konsumen dan kualitas yang baik .

v  Harga barang atau jasa pelengkap

Barang atau jasa seperti ini sifatnya melengkapi dan adanya penggabungan dari keduanya dimana saling membutuhkan untuk tejadinya mekanisme yang lebih baik. Contoh : kompor dengan minyak tanah, masyarakat akan beralih menggunakan bahan bakar gas ketika terjadi kenaikan bahan bakar minyak tanah apabila harganya lebih murah dari gas.

v  Perkiraan harga di masa mendatang
Ketika di masa datang di perkirakan akan mengalami kenaikan harga barang maka masyarakatan/konsumen akan membeli barang lebih banyak untuk mengantisipasi kenaikan harga tersebut .

v  Intensitas kebutuhan konsumen
Hal ini kebanyakan berlaku terhadap barang-barang pokok yang apabila di butuhkan secara mendesak dan dirasakan pokok maka konsumen bersedia membeli dalam jumlah harga yang tinggi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran,sebagai berikut  :

v  Biaya produksi
Sebagai produsen hal ini akan menjadi bahan pertimbangan dimana produsen akan menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian ketika harga bahan baku mengalami kenaikan harga.

v  Teknologi
Dengan adanya bantuan dari teknologi akan memudahkan dan memperbanyak dalam memproduksi suatu barang sehingga produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah relative lebih besar lagi.
v  Harga barang pelengkap dan pengganti
Apabila harga barang pengganti mengalami kenaikan maka produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi konsumen akan beralih ke barang pengganti karena harganya lebih murah.

v  Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

v  Perkiraan harga barang di masa dating
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.

v  Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.

5.      ilustrasi Keseimbangannya
     Keseimbangan antara harga dan jumlah penawaran adalah jika permintaan dan penawaran saling menutupi. Berapapun harganya di atas keseimbangan, jumlah barang yang disediakan akan melebihi jumlah permintaan,dan akan menghasilkan kelebihan jumlah barang (juga tidak ada transaksi antara pembeli dan penjual). Sedangkan pada saat harga berada di bawah nilai keseimbangan, jumlah permintaan akan melebihi jumlah barang yang ditawarkan, sehingga hasilnya adalah kurangnya jumlah persediaan barang. Hanya dengan mempertemukannya akan terjadi jumlah permintaan dan jumlah penawaran yang setara. Dengan demikian harga dan nilai keseimbangan akan stabil.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar