Tulisan ke lima
Sebuah
perusahaan yang memahami bagaimana pelanggan/konsumen akan bereaksi terhadap
berbagai bentuk produk dan harga maka perusahaan tersebut akan lebih baik dari
perusahaan-perusahaan yang menjadi pesaingnya.
Ketika produsen
akan melakukan suatu pemasaran perusahaan atau pihak produsen harus memahami
strategi penjualan dimana kita harus mampu menilai bagaimana cara untuk
memuaskan kebutuhan konsumen dengan mengkonsumsi produk atau jasa yang kita
tawarkan. Pemahaman untuk indakan atau perilaku konsumen ini sangatlah penting
sehingga kita mampu memandang secara kreatif ,mengindentifikasi dan
memanfaatkan peluang yang muncul di pasar.
Perilaku
konsumen adalah sebuah tindakan dan proses untuk mengambil keputusan baik
secara individu maupun organisasi terhadap pemilihan suatu produk tertentu guna
memenuhi selera,kebutuhan dan keinginan. Keinginan secara individu bersifat
hanya untuk menggunakan barang atau jasa untuk penggunakkan sendiri sedangkan
keperluan yang dilakukan secara organisasi terhadap permintaan barang atau jasa
guna untuk memenuhi keberlasungan organisasi tersebut.
Faktor eksternal
dan internal akan mempengaruhi dalam pengambilan suatu keputusan untuk membeli
atau tidak membeli suatu barang .faktor internal ini mencangkup motivasi,
persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan kepribadian seseorang. Sedangkan faktor
dari internalnya, yaitu meliputi aspek kultur, subkultur, klas sosial, kelompok
referensi, keluarga, serta peran dan status seseorang dalam kehidupan kelompok.
Apabila konsumen
hendak membeli suatu barang maka konsumen tersebut akan melakukan sejumlah
proses yang mendasari pengambilan keputusan, yakni, (a) perumusan masalah, (b)
pengumpulan informasi, (c) pengembangan dan penilaian alternatif, (d) penentuan
alternatif terbaik atau pengambilan keputusan, dan kegiatan setelah keputusan
diambil. Setelah tahap-tahap ini di lalui maka selanjutnya konsumen akan
menilai apakah produk yang di beli sesuai dengan harapannya atau sebaliknya
ketika yang di dapatkan adalah kepuasan terhadap produk tersebut maka akan
terjadi peningkatan terhadap jumlah barang tersebut. Demikian sebaliknya, konsumen
akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan
hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada masa depan.
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
Referensi : http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar