Entri Populer

Selasa, 08 Mei 2012

Kuis Materi Pasar


Kuis ke delapan

Soal :
1.     Apa yang dimaksud dengan pasar ?
2.    Jelaskan jenis dari pasar ?
3.    Apa yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna ?
4.    Bagaimana cara memaksimalkan keuntungan dalam pasar persaingan sempurna ?
5.    Sebutkan kebaikan dan kelemahan dari pasar persaingan sempurna ?

Jawab :                                                                      
1.     Pasar dapat  diartikan suatu tempat atau interaksi antara pembeli dan penjual dari suatu barang /  jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Aktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua subyek pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga barang di pasar.

2.    Jenis pasar
v  menurut bentuk kegiatannya :
a. Pasar nyata adalah pasar dimana barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan.

b. Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.
v  Jenis pasar menurut cara transaksinya
a. Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.

b. Pasar Modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

v  Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
a. Pasar Lokal
b. Pasar Daerah
c. Pasar Nasional
d. Pasar Internasional

3.    pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran di mana jumlah pembeli dan penjual sedemikian rupa banyaknya atau tidak terbatas. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga . Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen,dan tidak dapat di bedakan.

4.    Cara memaksimalkan keuntungan dalam pasar persaingan sempurna adlah dengan cara memberikan harga yang lebih murah tetapi tidak membanting harga sehingga tidak merusak harga pasar dengan kualitas yang baik.

5.    Kebaikan pasar persainngan sempurna :
v  Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual.
v  Penjual tidak mungkin mengadakan persaingan harga dengan maksud merebut pasar karena harga pasar adalah suatu yang harus diterima masing-masing produsen.
v  Barang yang ditawarkan penjual akan laku berapa pun jumlahnya tanpa mengalami penurunan harga.
v  Tidak mungkin mengubah bentuk barang untuk merebut pasar karena adanya homogenitas barang.
v  Informasi tentang pasar telah diketahui oleh saingan usaha dan usaha untuk menyaingi perusahaan lainnya juga tidak menghasilkan apa-apa karena jumlah saingan sangat tidak terbatas.
v  Konsumen tidak perlu beradu tegang tentang tawar-menawar harga barang karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.

Kelemahan pasar persaingan sempurna :
v  Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai
v  Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen.
v  Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang.
v  Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu.



3 komentar: