Kuis ke sembilan
Soal :
1.
Apa yang
dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
2.
Apa yang
membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?
jelaskan dan berikan contoh ?
3.
Jelaskan bagaimana
cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
4.
Jelaskan
kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5.
Apa yang
dimaksud dengan pasar oligopoly ?
Jawab :
1.
Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat
satu penjual yang menguasai pasar. Sedangkan Pasar monopolistis adalah salah
satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang
serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
2.
Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis
adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di pasar mopolistis
memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar
penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunya satu
penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar
monopoli.
Contoh
pasar monopoli adalah indofood. contoh pasar monopolistik adalah pasar
tradisional seperti pasar sayuran dll.
3. Cara
memperoleh keuntungan di pasar monopoli dengan cara menarik minat pembeli untuk
membeli barang yang kita jual.
4.
Kebaikan
pasar monopoli
v Keuntungan
penjual cukup tinggi.
v Untuk
produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.
Keburukan pasar monopoli
v Pembeli
tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
v Keuntungan
hanya terpusat pada satu perusahaan.
v Terjadi
eksploitasi pembeli.
5.
Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran
satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan
lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap
perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan
pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk
pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru,
perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan
konsumen dari pesaing mereka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar