Entri Populer

Selasa, 08 Mei 2012

Kuis materi tentang pasar monopoli, monopolistis & oligopoli


Kuis ke sembilan

Soal :
1.    Apa yang dimaksud dengan pasar monopoli dan monopolistis ?
2.   Apa yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis ?  jelaskan dan berikan contoh ?
3.   Jelaskan bagaimana cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli ? (gambarkan secara grafik)
4.   Jelaskan kebaikan dan kekurangan dari pasar monopoli ?
5.   Apa yang dimaksud dengan pasar oligopoly ?

Jawab :
1.    Pasar monopoli adalah pasar yang hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Sedangkan Pasar monopolistis adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
2.   Yang membedakan pasar monopoli dan monopolistis adalah pasar monopolistis mempunyai banyak penjual, penjual di pasar mopolistis memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga, tapi pengaruhnya tidak sebesar penjual dari pasar monopoli, sedangkan pasar monopoli hanya mempunya satu penjual sehingga penjual itu memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pasar monopoli.
Contoh pasar monopoli adalah indofood. contoh pasar monopolistik adalah pasar tradisional seperti pasar sayuran dll.

3.   Cara memperoleh keuntungan di pasar monopoli dengan cara menarik minat pembeli untuk membeli barang yang kita jual.


4.    Kebaikan pasar monopoli
v Keuntungan penjual cukup tinggi.
v Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang biasanya diatur pemerintah.
          Keburukan pasar monopoli
v Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang.
v Keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan.
v Terjadi eksploitasi pembeli.

5.   Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka





Tidak ada komentar:

Posting Komentar